Penyebab Kutil

Kutil adalah salah satu masalah kulit yang biasanya di sebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini pada umumnya menyerang lapisan kulit dapat membuat produksi keratin keras menjadi meningkat lebih cepat. Sehingga hal ini melebihi kebutuhan yang di perlukan oleh tubuh dan kemudian menumpuk membentuk tekstur baru yang di sebut kutil.

Gambar Kutil
Gambar Kutil. Via berita.baca.co.id

Kutil ini pada umumnya dapat ditularkan dengan mudah, contohnya saja saat bersentuhan langsung dengan penderita kutil ataupun benda benda yang terkontaminasi oleh virus HPV. Namun jika anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka tidak akan mudah untuk tertular oleh virus penyebab kutil.

Pada umumnya kutil berkembang di beberapa daerah seperti leher, tangan, wajah, dan bahkan ada yang sampai parahnya lagi tumbuh di kemaluan. Kutil biasanya memiliki ukuran diameter antara 0,1 sampai dengan 1 cm.

Nah, pada kesempatan kali ini disini saya akan memaparkan beberapa penyebab tumbuhnya kutil di wilayah tangan, leher, wajah dan kemaluan. Berikut adalah beberapa penyebab kutil dapat tumbuh di area tadi.

 

1. Penyebab Kutil di Leher

Gambar Kutil di Leher
Gambar Kutil di Leher. Via: www.archivosweb.com

Adanya kutil di leher membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Karena letaknya yang dapat di lihat secara langsung, kutil juga kerap kali memiliki warna yang mencolok. Nah, untuk berikut adalah penyebab tumbuhnya kutil di leher.

 

  • Gesekan Kalung atau Baju

Kutil adalah salah satu penyakit kulit yang di sebabkan oleh virus. Gesekan antara kalung dan baju di leher dapat membuat luka. Sehingga virus ini dapat masuk kedalam jaringan kulit dan menyebabkan tumbuhnya kutil di area leher.

 

  • Pemakaian Barang Bersamaan

Barang yang anda gunakan sebaiknya jangan di pinjam-pinjamkan. Karena ini bisa menyebabkan tumbuhnya kutil di leher. Jika anda menggunakan barang secara bersamaan dengan orang yang terkena kutil. Anda akan memiliki peluang tertular kutil lebih besar, hal ini di sebabkan virus penyebab kutil dapat menjangkit lapisan kulit anda.

 

  • Masa Hamil

Perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil juga dapat menjadi penyebab kutil di leher. Namun pada umumnya sifat kutil pada ibu hamil bersifat sementara. Kutil akan hilang beberapa bulan setelah melahirkan.

 

  • Penggunaan Steroid

Penggunaan steroid selain dapat meningkatkan daya imunitas tubuh ini juga dapat menjadi penyebab kutil di leher. Selain menjadi penyebab kutil, steroid ini juga dapat memberikan beberapa efek samping lainnya seperti, timbulnya jerawat.

 

  • Herediter

Herediter atau faktor genetik juga berperan dalam penyebab kutil di area leher dan beberapa tempat lainnya. Jika seseorang memiliki riwayat keluarga terutama ayah atau ibu yang terkena kutil, maka ini dapat menyebabkan anda memiliki peluang lebih besar untuk terjangkit kutil.

 

  • Fluktuasi Hormonal

Kutil juga tidak hanya terjadi karena virus, tetapi masalah hormonal juga dapat menjadi penyebab kutil di kulit anda. Pada masalah ini hormon lektin memiliki peranan yang pening karena dapat menyebabkan resistensi insulin yang dapat menyebabkan beberapa masalah kulit salah satunya adalah kutil.

 

2. Penyebab Kutil di Wajah

Gambar Kutil di Wajah
Gambar Kutil di Wajah. Via: medium.com

Adanya kutil di wajah tentu sangat tidak diinginkan, karena dapat membuat penampilan anda menjadi berkurang dan membuat kurang percaya diri. Nah, kali ini saya akan memberikan informasi tentang penyebab kutil di area wajah. Berikut adalah ulasannya:

 

  • Berbagi Peralatan Wajah

Karena seperti yang kita ketahui jika masalah kulit yang satu ini dapat ditularkan. Maka dari itu anda sebaiknya tidak berbagi peralatan wajah yang sifatnya pribadi. Sehingga anda dapat menghindarkan diri dari penyebab kutil.

 

  • Kebisaan Menyentuh Wajah

Kebiasaan buruk seperti terlalu sering mengelus wajah atau memencet jerawat dengan tangan kosong dapat menjadi penyebab jerawat di kulit. Luka terbuka yang di sebabkan oleh memencet jerawat dapat menjadi media masuknya virus HPV kedalam kulit wajah.

 

  • Stres yang Berlebihan

Stres yang terjadi dapat menyebabkan berbagai macam masalah seperti salah satunya adalah penurunan daya tahan tubuh secara drastis. Hal inilah yang menjadikan kesempatan bagi virus HPV untuk menyerang anda. Maka dari itu jagalah kondisi psikologis anda.

 

  • Infeksi

Aktivitas menggaruk, mencukur dan memencet jerawat yang menyebabkan luka terbuka pada wajah dapat membuat anda terkena infeksi yang di sebabkan oleh virus HPV. Sehingga kutil dapat tumbuh di area wajah dan mata.

 

3. Penyebab Kutil di Tangan

Gambar Kutil di Tangan
Gambar Kutil di Tangan Via: doktersehat.com

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang akan sangat dengan mudah terkena kutil. Terlebih lagi jika anda tidak menjaga kebersihan atau sering mencuci tangan dengan sabun anti bakteri. Kutil adalah penyakit yang di akibatkan oleh virus yang dapat menular dengan cepat. Maka dari itu anda harus menjaga kebersihan tangan.

Selain karena virus kutil penyebab kutil di tangan juga sama seperti beberapa poin diatas. Bisa karena di sebabkan karena bergantian memakai peralatan pribadi, hormon, genetik dan luka. Maka dari itu untuk mencegah tumbuhnya kutil di tangan ada baiknya menjaga kondisi kekebalan tubuh.

Adanya kutil di tangan dapat membuat anda kurang percaya diri. Karena letaknya yang dapat terlihat dengan jelas dan sangat mengganggu penglihatan.

 

4. Penyebab Kutil Kelamin

Gambar Kutil Kelamin
Gambar Kutil Kelamin. Via: mediskus.com

Kutil pada kelamin adalah salah satu jenis infeksi yang terjadi pada lapisan kulit dan selaput lendir. Biasanya pertumbuhan kuil pada kelamin tidak tiba-tiba besar namun sangat lembut sehingga jarang di ketahui sejak awal.

Kutil kelamin ini di sebabkan oleh virus HPV yang ditularkan melalui kontak langsung antara kulit dengan kulit atau berhubungan dewasa. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab kutil kelamin pada pria dan wanita.

 

  • Hubungan Seks Tanpa Pengaman

Melakukan berhubungan seks tanpa pengaman dapat menyebabkan tertularnya virus HPV di daerah vital anda. Terlebih lagi situasi yang lembab dapat menjadi tempat yang cocok untuk virus dapat berkembang.

Untuk menghindari hal itu maka gunakanlah alat pengaman pada saat melakukan hubungan seks. Sehingga menghindarkan anda untuk terkena kutil kelamin.

 

  • Sistem Imun yang Buruk

Seperti yang diketahui jika kutil adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Virus sendiri akan dapat berkembang jika sistem kekebalan tubuh orang yang di jangkit lemah.

Namun jika anda memiliki sistem imunitas tubuh yang bagus ini dapat mencegah tumbuhnya virus ini. Sehingga akan terbebas dari serangan kutil kelamin.

 

  • Gonta-Ganti Pasangan

Seseorang yang sering melakukan hubungan suami istri dengan banyak orang ini sangat memiliki resiko terkena kutil kelamin sangat besar. Hal ini di sebabkan tidak diketahuinya riwayat kesehatan pasangan seksnya itu.

Maka dari sebaiknya lakukan hubungan seks hanya dengan istri atau suami anda saja. Sehingga menjadikan anda terhindar dari bahaya kutil kelamin dan berbagai macam penyakit menular yang berbahaya.

 

  • Menderita Diabetes

Orang yang mengalami penyakit diabetes akan memiliki kondisi kekebalan tubuh yang sangat lemah. Maka dari itu jika kondisi kebersihan area vital tidak diperhatikan dengan betul-betul ini dapat menjadikan berkembangnya kutil kelamin.

 

  • Oral dan Toys Seks

Kutil kelamin selain dapat ditularkan dengan cara berhubungan suami istri juga dapat ditularkan dengan oral seks. Namun perbedaanya adalah pada letak lokasi tempat berkembangnya virus.

Selanjutnya adalah alat seks mainan, dengan anda menggunakan alat seks mainan ada baiknya untuk menjaga kebersihannya. Karena virus dapat hidup di tempat yang lembab dan kotor.

Jika anda tidak membersihkan alat mainan seks maka anda akan memiliki resiko terkena kutil kelamin. Maka dari itu selalu bersikap bersih agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Adanya kutil memang dapat memberikan banyak masalah. Seperti kurang percaya diri, menurunkan penampilan, dan bahkan yang parahnya lagi adalah penyakit yang berbahaya yang bermuara pada kematian. Nah, maka dari itu anda harus mengetahui apa penyebab kutil sehingga membuat diri anda terhindar dari kutil yang membuat berbagai macam masalah.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.