Penyebab Haid Tidak Lancar

Menstruasi merupakan suatu keadaan yang dialami oleh setiap wanita. Menstruasi atau haid ini merupakan proses terjadinya peluruhan lapisan jaringan yang terdapat dalam uterus (endometrium) yang keluar dengan darah.

Siklus menstruasi yang terjadi pada wanita umumnya berlangsung setiap 28 hari namun siklus tersebut dapat berkisar antara 21 – 35 hari untuk orang dewasa dan 21 – 45 hari untuk remaja.

Namun tetap saja banyak yang mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur. Haid tidak teratur merupakan suatu kondisi dimana siklus menstruasi menjadi lebih lambat atau lebih cepat.

Volume darah yang tidak sama juga merupakan salah satu bentuk menstruasi tidak lancar. Bagi anda yang sering mengalami masalah haid tidak lancar, kami sarankan untuk mempelajari apa saja yang menjadi penyebab haid tidak lancar. Tentu banyak hal yang menyebabkan siklus haid anda tidak lancar.

 

Tipe Menstruasi Tidak Lancar

Gambar Penyebab Haid Tidak Lancar
Gambar Penyebab Haid Tidak Lancar

Menstruasi yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama. Namun, ada juga gejala yang dialami yang mengakibatkan menstruasi tidak lancar, gejala tersebut yaitu :

1. Metrorrhagia

Metrorrhagia atau biasa disebut haid berlebihan adalah keluarnya darah menstruasi secara berlebihan atau dalam jumlah yang sangat banyak. Selama menstruasi jumlah rata-rata darah yang dikeluarkan yakni 30-40 ml dan dianggap berlebihan apabila mengeluarkan darah berkisar antar 60-80 ml.

Gejala yang dialami oleh penderita metrorrhagia adalah nyeri haid yang berlebihan. Hal ini tentu dapat mengganggu kehiupan sehari-hari wanita yang mengalaminya, baik secara emosi, psikis, dan sosial.

Apabila anda mengalami gejala tersebut kami sarankan untuk menemui dokter dan berkonsultasi lebih lanjut.

 

2. Amenorrhea

Ini adalah kondisi wanita yang tidak mengalami menstruasi atau menstruasi tidak teratur. Keadaan seperti ini bisa terjadi ketika seornag wanita berusia 16 tahun namun belum mengalami menstruasi.

Namun, bisa juga dialami oleh wanita subur yang tidak sedang hamil dan tidak mendapat haid kembali setelah beberapa bulan dari haid terakhir.

Gejala lain yang timbul berupa sakit kepala, payudara tidak membesar, gangguan penglihatan, keluarnya air susu walau tidak sedang menyusui yang diakibatkan oleh peningkatan kadar prolaktin, dan terakhir nyeri panggul.

 

3. Oligomenorea

Oligomenorea yaitu gangguan menstruasi yang biasa dialami oleh wanita pada usia subur dengan ditandai jumlah siklus menstruasi dibawah rata-rata, yaitu sekitar 6-8 kali dalam kurun waktu satu tahun. S

iklus menstruasi yang dialami oleh para penderita oligomenorea lebih panjang dari siklus mensturasi pada umumnya. Normalnya wanita mendapat haid tiap 21-35 hari, wanita penderita oligomenorea biasanya baru mendapat haid setelah 35 hari.

Pada kebanyakan kasus oligomenorea, kesehatan tubuh wanita tidak mengalami gangguan dan tingkat kesuburan yang cukup baik. Gejala ini biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal pada aksis hipotalamus, hipofisis, dan ovarium.

 

4. Polymenorrhea

Polymenorrhea adalah kebalikan dari oligomenorea yakni siklus menstruasi yang lebih sering dialami yakni terjadi pada waktu kurang dari 21 hari.

Wanita yang mengalami hal ini akan mengalami menstruasi hingga dua kali atau lebih dalam kurun waktu satu bulan dengan pola yang teratur dan jumlah pendarahan yang relatif sama atau bahkan lebih banyak dari biasanya. Polymenorrhea dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan sistem hormonal pada kasis hipotalamus dan hipofisis.

Pada umumnya, gangguan menstruasi ini bersifat sementara dan dapat sembuh dengansendirinya. Namun, apabila anda mengalaminya secara terus-menerus anda harus segera pergi ke dokter.

 

 

Penyebab Haid Tidak Lancar

Gambar Penyebab Haid Tidak Lancar Pada Wanita
Gambar Penyebab Haid Tidak Lancar Pada Wanita

1. Menopause

Menopause senidiri adalah masa berakhirnya siklus menstruasi yang akan dialami oleh wanita seiring dengan proses penuaan. Sebelumnya wanita akan mengalami masa pra menopause.

Pada masa-masa ini menstruasi akan datang tanpa pola yang rutin seperti biasanya.  Fase alami ini disebabkan oleh perubahan pada kadar hormon tubuh wanita yang mengalami penurunan seiring bertambahnya usia dan puncaknya dikisaran usia 50 tahun.

 

2. Masa Ibu Menyusui

Setelah hamil dan melahirkan, siklus menstruasi menjadi tidak teratur terlebih lagi bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini terjadi karena hormon prolaktin pada ibu menyusui sangat tinggi jumlahnya dan menghambat kinerja hormon estrogen.

Dalam hal ini siklus haid yang tidak teratur tergolong normal dan wajar karena terjadi secara alamiah dan menjadi konsekuensi untuk mencukupi kebutuhan gizi sang buah hati.

Hal yang harus dilakukan oleh ibu menyusui adalah memperhatikan asupan gizinya dan dalam kurun waktu selama kurang lebih 3 bulan siklus menstruasi akan berjalan kembali dengan lancar.

 

3. Alat Kontrasepsi

Beberapa alat kontrasepsi ternyata bisa memicu terjadinya haid tidak lancar. Berbagai macam bentuk alat kontrasepsi yang sering digunakan seperti IUD, dan pil KB.

Semua penggunaan alat kontrasepsi ini dapat memberikan efek yang kurang baik pada siklus menstruasi.

Hal yang dapat dilakukan adalah mengkonsultasikan terlebih dahulu apabila ingin menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah adanya efek samping yang berbahaya bagi anda.

 

4. Pengaruh Stres

Permasalahan yang menyebabkan stres juga menjadi salah satu penyebab haid tidak lancar pada seorang wanita. Bahkan stress memiliki risiko yang tinggi untuk mempengaruhi siklus menstruasi.

Terlalu banyak pikiran dapat mempengaruhi hypothalamus yakni salah satu bagian otak yang mengatur hormon periode haid.

Ketidakseimbangan hormon ini diketahui sebagai penyebab tidak lancarnya siklus menstruasi pada wanita.

 

5. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid ini terdapat dibagian leher yang berguna untuk mengatur metabolisme dalam tubuh.

Maka dari itu apabila kelenjar tiroid ini mengalami gangguan akan berpengaruh pada siklus menstruasi pada wanita.

Siklus haid terganggu karena kelenjar tiroid tidak bisa menjalankan tugasnya secara maksimal. Anda harus mengkonsultasikannya pada dokter untuk menghadapi masalah ini.

 

6. Pola Hidup Sehari-hari

Pola hidup juga bisa menjadi salah satu penyebab siklus haid tidak lancar. Maka dari itu lakukanlah pola hidup yang sehat agar tidak ingin terkena efek samping haid tidak lancar.

Pola hidup tidak sehat akibat penurunan berat badan atau mungkin melakukan olahraga yang berlebihan bisa membuat siklus haid anda tidak teratur.

Lakukanlah pola hidup sehat dengan olahraga cukup, makan teratur, dan waktu istirahat yang cukup.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Gambar Haid Tidak Lancar
Gambar Haid Tidak Lancar

1. Menjaga Kesehatan dengan Hidup Teratur

Anda harus melakukan atau mengubah pola hidup anda dengan baik dan teratur dengan menjaga kondisi tubuh dan pikiran anda. Jangan biarkan beban pikiran yang berlebih menghantui anda yang dapat menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit.

Anda perlu melakukan olahraga secara rutin dan teratur seperti yoga atau bersepeda yang bisa menghilangkan stres pada diri anda. Namun, tetap lakukan olahrag dengan porsi yang sesuai, jangan terlalu berat dalam berolahraga.

 

2. Mengatur Pola Makan

Terdapat beberapa makanan alami yang sehat dan baik untuk tubuh yang dapat digunakan juga untuk memperlancar siklus haid.

Diantaranya adalah makanan yang kaya akan vitamin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Anda harus mengubah pola makan yang buruk, selain dapat membuat siklus haid tidak lancar, menggunakan pola makan yang buruk dapat juga mempengaruhi organ tubuh lainnya seperti usus, lambung, dan fungsi jantung.

 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih dapat membantu anda untuk memulihkan metabolisme pada tubuh anda.

Metabolisme yang baik tentu akan membuat hidup lebih nyaman dan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti rusaknya kelenjar tiroid, hal ini dapat dilakukan dalam upaya memperbaiki siklus menstruasinyang tidak lancar.

 

4. Mengkonsumsi Jamu atau Suplemen

Jamu adalah jenis minuman tradisional yang dibuat dengan campuran rempah-rempah yang memiliki khasiat secara alami.

Jamu dinilai telah terbukti ampuh untuk mengobati siklus haid yang tidak lancar, anda dapat mengkonsumsinya secara rutin.

Atau bagi anda yang tidak menyukai jamu, bisa dengan menggunakan suplement alami yang mampu meningkatkan kesuburan dan melancarkan siklus menstruasi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.