Penyebab Haid Telat

Telat datang bulan atau terlambat haid memang menjadi salah satu tanda kehamilan, namun hal itu tidak selamanya benar atau pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, atau tidak selalu tepat waktu.

Perlu kita ketahui bahwa siklus mentruansi normal yang terjadi pada wanita berkisar antara 21-35 hari dihitung dari pertama menstruasi bulan ini hingga hari pertama bulan berikutnya.

Siklus menstruasi ini biasanya sama setiap bulannya, namun bisa juga sewaktu-waktu haid datang terlambat. Penyebab haid telat pada setiap wanita biasanya berbeda-beda, namun tidak dapat dipungkiri ada beberapa faktor yang paling sering dialami oleh wanita.

Akan tetapi banyak wanita yang tidak mengetahui berbagai hal yang menyebabkan haid datang terlambat. Anggapan yang seringkali terlintas dipikiran wanita apabila dirinya telat datang bulan adalah hamil.

Padahal menstruasi yang datang terlambat tidak bisa selalu dikaitkan dengan kehamilan, ada juga beberapa unsur lain yang menyebabkan telat datang bulan.

Apa yang Menyebabkan Telat Datang Bulan ?

Gambar Wanita Menstruasi
Gambar Wanita Menstruasi

Pada keadaan normal, haid biasanya terjadi dalam kurun waktu satu bulan sekali. Namun ada beberapa wanita yang mengalami telat haid mulai dari berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan sampai berbulan-bulan.

Apa saja yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi ? Yuk simak informasinya lebih lanjut.

1. Kehamilan

Bagi anda yang sedang menunggu calon buah hati mungkin telat haid menjadi suatu kabar gembira bagi anda. Akan tetapi sebaiknya anda memastikan apakah anda benar-benar hamil atau tidak. Tidak semua wanita yang mengalami telat haid akan memasuki situasi hamil.

Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu bahwa telat haid yang anda alami merupakan pertanda hamil atau tidak dengan melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.  Jika ha silnya negatif maka bisa dipastikan bukan kehamilan yang menyebabkan telat datang bulan.

2. Masalah Berat Badan

Ada banyak penyebab haid telat selain hamil, pertama adalah masalah berat badan. Terlebih lagi apabila anda tiba-tiba kehilangan berat badan baik melalui diet ataupun yang lainnya yang menyebabkan kondisi berat badan tidak stabil dalam kurun waktu satu bulan atau beberapa bulan terakhir dapat mempengaruhi siklus datang bulan.

Jika berat badan anda kurang 10% dari berat badan ideal, fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi atau proses indung telur melepaskan sel telur akan terhenti. Ini yang menyebabkan haid datang terlambat.

3. Stres atau Depresi

Masalah psikologis yang dialami oleh wanita juga dapat mempengaruhi siklus datang bulan. Penyebab haid telat yang disebabkan karena gangguan psikologis ini terjadi pada seorang wanita yang mengalami stres atau depresi.

Stres atau depresi yang berkepanjangan memiliki dampak yang signifikan terhadap siklus datang bulan. Stres bisa membuat siklus menstruasi lebih pendek, panjang, dan bahkan berhenti. Terlebih lagi stres atau depersei merupakan penyebab haid telat selama berbulan-bulan.

Untuk mengatasi penyebab telat haid yang satu ini tentunya harus mengatasi penyebab mengapa anda bisa stres. Selain itu sangat disarankan untuk para wanita agar berolahraga secara teratur, cukup tidur, relaksaksi, atau yoga untuk menghindari stres atau depresi yang bisa mengganggu siklus menstruasi anda.

Gambar Wanita Telat Haid
Gambar Wanita Telat Haid

4. Baru Menstruasi

Para remaja yang baru mengalami menstruasi juga ada kemungkinan mengalami telat haid ini bahkan menjadi salah satu penyebab mengapa haid bisa datang terlambat. Para remaja biasanya sering mengalami terlambat datang bulan, namun hal ini merupakan kondisi yang wajar dialami oleh remaja yang baru mengalami menstruasi.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? keadaan atau kondisi telat haid sering terjadi pada remaja karena remaja belum memiliki keseimbangan hormon yang baik dan stabil.

5. Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

PCOS adalah kondisi dimana terdapat kelainan pada hormon dan sistem metabolisme yang paling umum dialami oleh wanita subur yang membuat fungsi indung telur terganggu. Pada wanita yang menderita PCOS sel telur akan bertahan di ovarium, akibatnya sel telur tersebut tidak dapat dibuahi.

Penderita PCOS umumnya memiliki kadar hormon yang ubnormal yang menyebabkan tumbuhnya gejala lain seperti jerawat, beberapa kista kecil diindung telur dan obesitas.

Segera konsultasikan kepada dokter apabila anda mengalami gejala tersebut. Jangan anggap remeh hal ini karena jika tak dirawat dapat memicu penyakit lainnnya yang berbahaya.

6. Gangguan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh, apabila hormon ini tidak berfungsi dengan baik atau mengalami gangguan dapat menjadi penyebab haid telat. Kelenjar tiroid bertugas untuk mewujudkan hormon yang berkhasiat untuk membatasi fungsi tubuh dan juga siklus menstruasi. Penyebab gangguan kelenjar ini bisa bermacam-macam, bisa karena faktor genetik atau suatu penyakit yang serius.

Cara Mengatasi Telat Haid

Gambar Wanita Haid
Gambar Wanita Haid

Ada beberapa cara mengatasi telat haid yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari anda agar siklus menstruasi berjalan normal kembali seperti sebelumnya.

1. Mengkonsumsi Daun Pepaya

Cara mengatasi terlambat darang bulan menggunakan daun pepaya cukup mudah untuk dilakukan. Hanya dengan merebus daun pepaya yang masih muda dengan 2-3 gelas air bersih.

Apabila air rebusan daun pepaya sudah mendidih tambahkan asam dan garam secukupnya kemudian saring dan minum air tersebut. Meskipun rasanya yang sedikit pahit namun daun pepaya terbukti ampuh untuk mengatasi masalah telat haid.

2. Mengatasi Telat Haid dengan Jeruk Nipis

Kandungan manfaat yang terdapat pada jeruk nipis membuat buah yang satu ini menjadi buah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Salah satu manfaat jeruk nipis adalah memperlancar haid wanita.

Cara mengolah jeruk nipis ini juga cukup sederhana, hanya dengan menyampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat dan satu sendok madu. Minum ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari untuk kembali memperlancar haid anda.

3. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat menghindarkan anda dari haid yang datang terlambat. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur tiap minggunya agar hormon dan siklus menstruasi lebih stabil.

Anda juga dapat melakukan yoga yang memiliki berbagai gerakan unik yang tentu snagat baik bagi kesehatan.

4. Istirahat Teratur

Kesibukan menjadi salah satu penyebab terjadinya stres yang berdampak terhadap produksi hormon-hormon dalam tubuh yang menyebabkan haid telat datang. Pastikan anda memiliki jam tidur yang cukup dan teratur untuk memperlancar siklus menstruasi.

5. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Anda dapat mengatasi terlambat datang bulan dengan menguarangi makanan yang banyak mengandung garam, bumbu penyedap, atau terlalu banyak mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayuran dan makanan yang mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.