Penyebab Gusi Berdarah

Mulut menjadi organ tubuh manusia yang cukup sensitif. Oleh karena itu kita perlu menjaga kesehatan mulut. Apalagi mulut sangat penting peranannya dalam tubuh. Karena mulut menjadi gerbang utama untuk makanan yang masuk kedalam tubuh kita.

Apabila terjadi masalah pada mulut. Tentunya anda akan merasa tidak nyaman. Karena memang cukup banyak masalah yang terjadi pada mulut.

Gambar Gusi Berdarah
Gambar Gusi Berdarah

Beberapa masalah yang terjadi di mulut diantaranya sakit gigi, sariawan, dan masalah pada gusi. Dan di artikel kali ini akan dibahas tentang masalah yang terjadi pada gusi.

Sebenarnya masalah pada gusi itu beragam. Contohnya seperti gusi berdarah, gusi bengkak, hingga gingvitis. Namun, yang sering terjadi adalah gusi berdarah.

Gusi berdarah merupakan masalah pada mulut yang sering kita sepelekan. Padahal gusi berdarah sendiri jika dibiarkan bisa saja iritasi dan menyebabkan penyakit mulut lainnya.

Oleh karena itu kamu harus tahu sebenarnya apa saja sih penyebab gusi bengkak? Lalu bagaimana cara mengobati dan mengatasi gusi bengkak?

 

10 Penyebab Gusi Berdarah yang Perlu Kamu Ketahui

1. Buruknya kebersihan mulut

Penyebab gusi berdarah yang pertama adalah buruknya kebersihan mulut. Kita semua tahu bahwa kebersihan mulut merupakan hal yang penting.

Gambar menyikat gigi
Gambar menyikat gigi

Selain karena penampilan, kebersihan mulut juga menjadi hal yang cukup berpengaruh pada kesehatan. Mulut yang bersih akan menghindarkan anda dari bakteri-bakteri yang membawa penyakit pada mulut salah satunya adalah gusi berdarah.

2. Menyikat gigi terlalu keras

Walaupun anda sudah menyikat gigi perhatikan juga apakah cara menyikat gigi anda sudah benar dan tepat? Karena salah satu penyebab gusi berdarah yang paling sering terjadi adalah cara yang salah dalam menyikat gigi.

Jangan berpikir bahwa menyikat gigi semakin keras makan plak, dan sisa makanan yang ada pada mulut kita akan hilang, itu salah besar.

Justru menyikat gigi yang terlalu keras bisa menyebabkan trauma pada gusi salah satu tandanya adalah gusi berdarah.

3. Gigi tidak teratur

Posisi gigi yang tidak teratur juga bisa mempengaruhi kesehatan dari gusi. Posisi gigi yang tidak teratur bisa meningkatkan resiko sisa-sisa makanan yang terselip  pada gigi.

Yang apabila dibiarkan bisa menyebabkan plak dan akhirnya akan muncul bakteri yang bisa saja menyebabkan gusi berdarah.

4. Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok merupakan aktifitas yang buruk bagi tubuh. Tidak hanya untuk pernafasan. Merokok ternyata juga bisa merusak jaringan yang ada pada mulut menjadi rusak.

Gambar Merokok
Gambar Merokok

Termasuk rusaknya jaringan gusi, tidak hanya itu jaringan gusi yang rusak akibat merokok juga sulit diperbaiki. Karena gusi yang rusak maka gusi akan menjadi rentan bengkak dan tidak menutup kemungkinan bisa juga berdarah.

5. Kurangnya Vitamin

Kurangnya vitamin juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Anda membutuhkan vitamin C seperti jeruk, jambu. melon dan sebagainya. Vitamin C sendiri bisa memperkuat gusi dari bakteri yang ada, selain itu manfaat lain dari vitamin C adalah untuk mempercepat penyembuhan luka.

Gambar vitamin C
Gambar vitamin C

Selain vitamin C ada juga vitamin K, vitamin K sendiri bisa didapat dari kacang, kedelai dan sayuran berwarna. Vitamin K ini memiliki peran mempercepat pembekuan darah.

7. Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga berpengaruh pada gusi. Perubahan hormon bisa membuat bagian-bagian tubuh menjadi lebih sensitif, termasuk gusi.

Gambar Ibu Hamil
Gambar Ibu Hamil

Beberapa contoh perubahan hormon yang sering terjadi adalah pada masa menstruasi, pubertas dan masa kehamilan.

8. Penyakit periodontal

Gingvitis atau radang gusi tidak boleh disepelekan. radang gusi yang dibiarkan atau cara penanganannya yang salah justru bisa menyebabkan penyakit periodontal.

Apa itu penyakit periodontal? Merupakan penyakit dimana peradangan menyebar ke jaringan dan tulang yang menyokong gigi. Bukan tidak mungkin akan terjadi gusi berdarah jika terjadi penyakit periodontal ini.

9. Obat-Obatan

Ada juga beberapa obat-obatan yang bisa menyebabkan dan memberikan efek mencairkan darah seperti heparin, warfarin dan aspirin.

Gambar obat obatan
Gambar obat obatan

Tidak masalah sebenarnya apabila penggunaan obat sesuai dengan aturan. Namun, jika penggunaan obat tidak sesuai dengan aturan, atau bisa dikatakan berlebihan maka itu bisa menjadi salah satu penyebab gusi berdarah.

10. Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Selain mematikan penyakit kanker juga berpengaruh pada kondisi dari gusi kita.

Beberapa penyakit kanker seperti leukimia (kanker darah), atau multiple myeloma (kanker tulang) kedua kanker tersebut juga bisa menyebabkan gusi berdarah.

Baca Juga : Penyebab Gusi Bengkak

Nah, itu tadi merupakan 10 penyebab gusi berdarah dari mulai yang sering kita abaikan hingga penyakit yang mematikan.

Intinya untuk beberapa penyebab gusi berdarah yang bisa dibilang masuk kategori ringan, ada baiknya kita cegah, sebagai contoh masalah kebersihan mulut.

Untuk kebersihan mulut anda bisa lebih giat dan juga lebih rajin lagi membersihkan mulut baik itu dengan cara sikat gigi, berkumur, maupun melakukan konsultasi langsung dengan dokter gigi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.