Penyebab Gusi Bengkak

Rongga mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup penting peranannya. Dengan mulut kita bisa makan, minum, dan lain sebagainya.

Karena fungsinya yang sangat vital perawatan mulut juga perlu diperhatikan. Mungkin sejauh ini anda melakukan perawatan rongga mulut sebatas menggosok gigi saja.

Padahal perawatan mulut sendiri tidak hanya sebatas menggosok gigi. Ada beberapa pola hidup yang juga perlu diperhatikan agar kesehatan mulut tetap terjaga.

Gambar Sakit Gusi
Gambar Sakit Gusi

Lalu, jika berbicara tentang kesehatan mulut ada beberapa penyakit yang terjadi di rongga mulut. Ya walaupun tidak terlihat. Namun, penyakit tersebut bisa sangat mengganggu. Salah satunya adalah gusi bengkak.

Gusi sendiri merupakan tempat melekatnya gigi. Oleh karena itu gusi bengkak bisa disebabkan karena cara hidup yang kurang baik dan bisa juga disebabkan makanan yang kita konsumsi kurang baik juga.

Nah, di artikel ini akan dibahas tentang apa saja sih penyebab gusi bengkak? Pola hidup seperti apa yang bisa menyebabkan gusi bengkak? Dan makanan seperti apa yang bisa membuat gusi bengkak?

7 Penyebab Gusi Bengkak

1. Kesalahan Saat Menyikat Gigi

Anda semua tahu bahwa menyikat gigi merupakan cara perawatan rongga mulut yang bisa dibilang setiap hari kita lakukan. Dengan menyikat gigi sendiri kita berharap gigi kita akan bersih.

Namun, apakah anda tahu bahwa menyikat gigi juga ada caranya. Anda tidak bisa menyikat gigi secara sembarangan. Karena hal tersebut bisa saja menggores gusi sehingga menyebabkan luka.

Nah, cara menyikat gigi yang salah ini juga menjadi salah satu penyebab gusi bengkak.

2. Kekurangan Vitamin

Jika ditanya vitamin apa yang berguna bagi kesehatan mulu? Mungkin sebagian besar anda menjawab vitamin C. Ya memang benar. Kekurangan vitamin C juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan gusi bengkak.

Selain vitamin C vitamin B juga bisa mempengaruhi kesehatan dari gusi. Dengan kebutuhan vitamin yang cukup maka jaringan ikat pada gusi juga akan semakin baik.

Jaringan ikat ini berfungsi untuk menyokong gigi dengan kuat. Apabila jaringan ini lemah maka bisa saja menyebabkan gigi rentan copot dan gusi rentan berdarah yang bisa berlanjut pada infeksi pada gusi.

3. Infeksi

Infeksi tidak hanya menyerang luka luar. Luka dalam seperti gusi pun juga bisa terkena infeksi. Infeksi sendiri juga tidak hanya bersumber dari luka pada gusi. Namun juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi.

Selain makanan yang dikonsumsi kebersihan dari rongga mulut juga berpengaruh karena bisa menyebabkan timbulnya bakteri pada gusi. Nah bakteri itulah yang menyebabkan gusi menjadi berdarah dan bengkak.

4. Merokok

Anda semua tahu bahwa merokok merupakan kegiatan yang bisa dibilang tidak ada manfaatnya atau bisa dibilang merugikan. Tidak ada manfaat yang kita dapatkan ketika merokok. Justru dengan merokok bisa memancing timbulnya penyakit.

Merokok juga bisa membuat gusi anda menjadi tidak sehat dan membuat jaringan di gusi menjadi lemah. Sehingga gusi anda akan lebih sensitif dan juga rentan terluka dan juga pembengkakan.

5. Masalah Hormon

Perubahan hormon bisa terjadi karena masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan sebagainya. Perubahan hormon pada tubuh bisa menyebabkan aliran darah pada tubuh termasuk di mulut menjadi lebih cepat.

Gambar Ibu Hamil
Gambar Ibu Hamil

Aliran darah yang cepat tersebut lah yang menyebabkan gusi rentan terkena infeksi, iritasi, bahkan pembengkakan.

6. Gingvitis

Apa itu Gingvitis? Perlu anda ketahui gingvitis merupakan radang gusi yang bisa membuat gusi menjadi lebih sensitif dan membuat gusi menjadi iritasi dan akhirnya terjadi pembengkakan.

Gingvitis sendiri biasanya disebabkan karena kebersihan mulut yang buruk, seperti banyaknya plak yang menumpuk pada selasela gigi dan gusi.

Oleh karena itu untuk menghindari Ginvitis jaga kebersihan mulut anda dengan menggosok gigi secara rutin dan juga secara benar.

7. Kesalahan Pemasangan Aksesoris Gigi

Pemasangan aksesoris gigi seperti gigi palsu dan behel juga bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi. Apalagi jika anda membeli dan melakukan pemasangan aksesoris gigi bukan pada ahlinya.

Bukan tidak mungkin, anda justru akan membuat rongga mulut anda termasuk gusi anda menjadi infeksi dan akhirnya terjadi pembengkakan pada gusi.

Nah, itu tadi merupakan 7 penyebab gusi bengkak yang sering kita abaikan. Setelah anda membaca pembahasan diatas diharapkan anda bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan gusi bengkak.

Lalu jika gusi sudah terlanjur bengkak bagaimana cara mengobati atau cara mengatasi gusi bengkak?

 

Cara Mengobati Gusi Bengkak

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Tentunya salah satu cara untuk mengobati gusi bengkak. Yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Karena kebersihan mulut menjadi prioritas utama yang perlu diperhatikan.

Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan mulut? Mudah, caranya adalah dengan menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari pagi dan malam. Jika bisa lakukan juga setalah anda selesai makan. Tujuannya adalah agar sisa-sisa makanan yang ada pada mulut juga hilang.

Pada saat menyikat gigi juga lakukan dengan lembut. Karena cara menggosok gigi yang kasar bisa saja membuat gusi terluka dan akhirnya justru terjadi pembengkakak pada gusi.

2. Jaga kebutuhan Nutrisi

Kita tidak bisa menolak bahwa nutrisi memang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Untuk kesehatan mulut dan gusi sendiri anda bisa dengan memperbanyak mengkonsumsi vitamin C.

Selain itu anda juga bisa memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. dan juga memperbanyak mengkonsumsi air putih.

Karena dengan memperbanyak konsumsi air putih sisa-sisa makanan akan terbawa sehingga tidak menempel dan menumpuk di rongga mulut.

3. Hindari Stres

Seperti yang dikatakan tadi hormon juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Oleh karena itu untuk membuat hormon kortisol pada tubuh tidak meningkat. anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa mengurangi stress.

4. Kompress Dengan Es

Cara sederhana untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan menggunakan es. Tapi mengompress dengan es dilakukan khusus untuk gusi bengkak yang tidak parah. Anda bisa melakukan kompress pada gusi selama 15 menit sekali.

5. Kompress Dengan Air Hangat

Selain menggunakan air es, anda juga bisa menggunakan air hangat, fungsi dari mengompres dengan menggunakan air hangat adalah untuk mengurangi nyeri yang terjadi pada gusi.

6. Berkumur Dengan Air Garam

Cara sederhana selanjutnya untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Penggunaan air garam ternyata bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang muncul pada gusi.

Gambar Air dan Garam
Gambar Air dan Garam

Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan melarutkan 1 sendok makan garam kedalam 1 gelas air hangat. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur.

7. Gunakan Bahan-Bahan Sederhana Yang Ada Disekitarmu

Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada disekitar anda seperti :

  • Jeruk Nipis
  • Lemon
  • Belimbing Wuluh
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Asam Jawa
  • Cengkeh
  • Merica
  • Serai
  • Jahe
  • Getah Jarak
  • Air Kelapa

Bahan bahan diatas bisa anda gunakan sebagai obat gusi bengkak tradisional.

8. Konsultasi Dengan Dokter Gigi

Gambar Konsultasi dengan Dokter
Gambar Konsultasi dengan Dokter

Jika cara diatas sudah tidak bisa lagi, maka cara terakhir adalah dengan berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter gigi.

Nah, itu tadi merupakan 7 penyebab dan 8 cara mengatasi gusi bengkak. Intinya untuk menghindari penyakit gusi bengkak ini anda harus selalu menjaga kebersihan mulut.

Lakukan secara rutin menggosok gigi 2 kali sehari pagi dan malam. Dan jika bisa lakukan kosultasi rutin dengan dokter gigi.

Satu pemikiran pada “Penyebab Gusi Bengkak

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.