Penyebab Difteri

Difteri atau Penyakit Diftari adalah sebuah penyakit yang di akibatkan karena infeksi bakteri yang biasanya menyerang selaput lendir pada hidung dan juga tenggorokan.

Penyakit yang sangat cepat menular ini harus bisa segera di tangani sebelum infeksi dari penyakit difteri ini semakin serius sehingga dapat mengancam keselamatan jiwa pada seseorang.

gejala difteri pada orang dewasa
tanda tanda difteri

Negara kita tercinta Indonesia merupakan negara yang paling banyak ke dua di dunia yang memiliki catatan kasus penyakit difteri paling banyak setelah India yaitu tercatat sebanyak lebih dari 3.353 kasus difteri yang pernah di laporkan dari tahun 2011 hingga 2016, hal ini disebabkan karena hampir 90%  masyarakat yang terinfeksi panyakit difteri tidak memiliki riwayat imunisasi penyakit difteri yang jelas sehingga penyakit ini mudah sekali menyerang setiap orang di Indonesia.

Pencegahan penyakit difteri ini sebenarnya dapat di lakukan dengan cara imunasasi terhadap penyakit difteri yang biasa di sebut dengan imunasasi DTP, hal ini mewajibkan bagi setiap orang yang belum beranjak pada usia 1 tahun, di wajibkan mendapat 3 kali imunasasi DTP sehingga daya tahan tubuh dari orang tersebut menjadi lebih kuat dan tidak rentan terhadap penyakit difteri ini

Bagi anda yang mungkin belum paham sekali mengenai penyakit difteri ini mungkin anda dapat menyimak beberapa penyebab dan juga gejala yang di timbulkan dari penyakit difteri ini sehingga anda dapat segera menanggulanginnya sebelum virus penyakit difteri ini semakin serius sehingga dapat membahayakan keselamatan jiwa anda, berikut ulasannya.

Penyebab Penyakit Difteri

Penyakit Difteri ini merupakan penyakit yang di sebabkan karena Bakteri Corynebacterium diphtheriae yang biasannya sangat mudah menular terhadap orang-orang yang tidak mendapat imunisasi atau vaksin terhadap penyakit difteri ini, dan beberapa penyebab terjadinya penularan difteri yang patut anda waspadai adalah :

penyebab sakit difteri
pencegahan penyakit difter
  1. Tidak mendapat vaksin/imunasasi DTP pada waktu kecil
  2. Tidak menjaga jarak terhadap orang yang terkontaminasi penyakit difteri
  3. Menghirup percikan air ludah yang di sebabkan karena bersin atau batuk yang dilakukan oleh penderita difteri
  4. Bersentuhan langsung dngan luka borok (ulkus) pada penderita penyakit difteri
  5. Menggunakan barang orang yang terkontaminasi penyakit difteri contohnya, gelas air minum, handuk, dll.

Bagi setiap orang yang sudah terkontaminasi bakteri  difteri ini biasanya tidak akan merasakan apa-apa sehingga dirinya tidak merasa kalau dirinya sudah terkontaminasi bakteri difteri  ini, namun jika anda tau bakteri difteri  ini akan dengan cepat membunuh sel-sel sehat pada tenggorakan sehingga membuat sel-sel sehat pada tenggorakan mati dan membentuk lapisan tipis abu-abu pada tenggorakan, dan tanpa disadari tenggorakan anda menjadi tidak enak dan merasakan sakit pada saat menelan makanan atau ludah.

Maka dari itu pentingnya imunasasi DTP pada waktu kecil sangat berguna dan bermanfaat bagi ketahanan tubuh anda terhadap penyakit difteri ini.

Namun anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa gejala yang dapat anda rasakan ketika anda sudah terkontaminasi bakteri difteri ini kurang lebih 2-5 hari setelah anda terkontaminasi anda akan merasakan beberapa gejala berikut, sehingga anda dapat mencegahnya sebelum bakteri difteri  ini semakin menyerang kedalam organ yang lainnya.

Gejala Penyakit Difteri

  1. Merasakan tidak enak badan, dan tenggorokan terasa sakit ketika di gunakan untuk menelan makanan atau minuman.
  2. Suara anda menjadi serak
  3. Sulit bernafas atau nafas anda tersendak-sendak
  4. Detak jantung merasa berdetak lebih kencang
  5. Demam hingga menggigil
  6. Merasa lemas dan letih
  7. Pilek

Dan jika tidak segera ditangani anda akan merasakan beberapa gejala lanjutan yang menunjukan bahwa tubuh anda semakin parah dan semakin serius dalam terinfeksi penyakit difteri ini, contohnya yaitu

  1. Sesak Nafas
  2. Batuk Keras dan berdahak
  3. Terbentuknya lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi tenggorokan dan juga amandel
  4. Pilek yang samakin parah, hingga mengeluarkan ingus yang bercampur dengan darah
  5. Mengalami gangguan penglihatan
  6. Mengalami kesulitan untuk berbicara karena tenggorokan yang sakit
  7. Pembengkkan kelenjar limfe pada leher.
  8. Kerusakan pada otot jantung
  9. Kerusakan pada saraf dan otak
  10. Dan yang terakhir dapat menyebakan kematian.
Penyebab Penyakit Difteri
Penyebab Penyakit Difteri

Bakteri difteri ini memiliki kemampuan dapat dengan cepat memprodukasi racun yang dapat di alirkan kedalam aliran darah sehingga menyebar ke organ di dalam seluruh tubuh

Dan hal ini akan menjadi dampak yang serius dan bahkan hingga fatal jika tidak segera di obati dan ditangani.

Jika bakteri difteri ini masuk kedalam jantung, akan membuat otot0otot jantung menjadi rusak sehingga pasien yang terkena atau terinfeksi penyakit difteri ini akan mengalami gagal jantung yang dapat berujung hingga kematian.

Dan apabila bakteri difteri ini masuk kedalam saraf, masuk kedalam sistem pernafasan dan hingga ke otak dapat membuat pasien yang terkena bakteri difteri ini menjadi kesulitan bernafas, pusing, dan juga bisa berujung kedalam kematian.

Sangat berbahaya sekali bukan ? Nah, tips jika terdapat anggota keluarga yang terkontaminasi bakteri difteri yang dapat anda lakukan adalah.

Tips Menangani Anggota Keluarga yang Terinfeksi Penyakit Difteri

1. Jika anggota keluarga anda terinfeksi bakteri difteri ini dan masih menunjukan gejala yang pertama, segeralah periksakan ke dokter atau puskemas terdekat sehingga dapat di tangani dengan cepat

2. Hindari kontak langsung dengan penderita penyakit difteri ini, dan pisahkanlah barang-barang seperti sapu tangan, handuk, gelas air minum dan semacamnya.

3. Isolasi berang-barang yang di gunakan penderita penyakit bakteri sampe ia benar-benar sembuh dan setelah itu dan ingin di gunakan kembali bersihkanlah dengan antiseptik

4. Jagalah kebersihan lingkungan anda, supaya tidak menambah ruang tumbuh kembang dari bakteri difteri ini.

5. Biasakanlah mencuci tangan dan membersihkan diri anda sebelum makan jika perlu ambillah air wudhu sebelum anda makan.

6. Jika terdapat anggota keluarga yang terkena penyakit difteri ini, coba periksakanlah seluruh anggota keluarga anda takut jika terdapat anggota lainnya yang sudah terinfeksi juga namun tidak menyadarinya

7. Tingkatkanlah daya tahan tubuh dengan berolahraga, makan makanan yang halal, sehat dan juga bergizi, atur pola makan, atur pola istirahat, dan minumlah vitamin untuk menambah daya tahan tubuh anda terhadap penyakit.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.