Penyebab Diare

Diare adalah sebuah penyakit yang akan membuat si penderita akan sering membuang air besar lebih dari pada biasannya, penyakit akibat peradangan pada lambung atau usus karena inveksi/virus ini biasa di sebut juga dengan Gastroenteritis.

Penyakit Diare ini biasannya akan menyerang pasien sekitar 3-4 hari tanpa perlu penanganan khusus dengan sendirinnya penyakit diare akan sembuh dan kembali normal.

Namun berbeda jika yang terkena penyakit Diare ini adalah anak-anak di bawah 5 tahun, karena Diare ini merupakan penyakit nomor 2 di dunia yang dapat membuat pasiennya meninggal dunia, dari data yang ada lebih dari 760.000 anak-anak di bawah umur 5 tahun meninggal karena Diare ini.

Namun anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak obat yang dapat mencegah penyakit diare ini, namun sebelum anda mengetahui pencegahan dari penyakit diare ini marilah kita simak Penyebab terjadinnya penyakit Diare ini khususnnya pada bayi, anak ataupun Ibu hamil.

Penyebab Diare

Penyebab Diare Pada Orang Dewasa

Penyebab Diare Pada Orang Dewasa
Sumber @sayasehat.id/

Penyebab diare ini biasannya terjadi akibat virus yang menyebar melalui konaminasi air ataupun makanan yang kita makan tanpa kita mencuci tangan atau menyeterilkan dulu tangan kita sebelum kita meminum ataupun memakan apapun yang ingin kita makan.

Bakteri yang dapat menyebabkan penyakit diare ini yaitu antara lain.

  1. Virus Norovirus atau Rotavirus
  2. Parasir, Giardia Intestinalis
  3. Bakteri, Salmonella atau Escherichia (E.coli)

Dan jika anda terkontaminasi virus-virus tadi anda akan terkena penyakit diare yang biasannya di mulai dengan gejala sering buang air, kejang lambung, mabuk atau muntah, demam, tidak selera makan dan juga dehidrasi.

Jika anda merasakan gejala-gejala seperti yang kami sebutkan tadi alangkah baiknnya jika anda langsung memeriksakannya ke Dokter atau klinik terdekat, ya meskipun penyakit Diare ini dapat sembuh dengan sendirinnya dalam beberapa hari, tapi siapa si yang mau merasakan rasa tidak enak ketika sakit, tentunnya tidak ada bukan ?

Maka dari itu, jika anda merasakan gejala-gejala diare silahkan langsung periksakan ke klinik atau dokter terdekat.

Penyebab Diare Pada Anak

Penyebab Diare Pada Anak
Sumber @Info Imunisasi

Penyebab teradinnya diare pada anak yang sering terjadi biasannya di sebabkan dari kehilangan cairan dan juga elektrolit secara cepat hal ini di sebabkan karena pada usia-usia anak terlebih yang berada di bawah umur 5 tahun, tubuh pada si kecil akan lebih mudah mengalami dehidrasi sehingga cairan pada tubuh cepat sekali berkurang sehingga dapat menyebabkan penyakit diare pada anak ini.

Dan hal yang perlu di lakukan ketika si buah hati terkontaminasi penyakit diare ini, berikanlah ASI sedikit demi sedikit  yaitu bertujuan untuk menambah asupan makanan pada si buah hati sehingga menambah daya tahan tubuh si kecil supaya cepat membaik.

Penyebab Diare Berdarah

Penyebab Diare Berdarah
Sumber @Kompas Lifestyle

Penyebab diare berdarah atau di biasa di sebut dengan penyakit disentri  ini merupakan diare yang di sebabkan akibat bakter shigella sp, penyakit diare berdarah ini merupakan penyakit yang lebih serius dari pada diare pada biasannya, karena membutuhkan penanganan khusus dan juga antibiotik pada saat penangannya.

Dan penyakit diare berdarah ini juga di kelompokan menjadi beberapa tipe seperti :

  • Disentri Basiler

Disentri Basiler ini merupakan sebuah penyakit diare yang biasannya menyerang pasien akibat kurang menjaga kebersihan baik tempat ataupun makanan

  • Disentri Amoeba

Disentri Amoeba ini merupakan penyakit diare yang di akibatkan akibat infeksi amobe atau parasit bersel satu, biasannya virus ini paling banyak di temukan didaerah tropis seperti Indonesia ini dan jika di biarkan tanpa ada pengobatan yang serius kumpulan amobe itu akan menjadi penyakit kista.

Tips Mencegah Penyakit Diare

Mencegah Penyakit Diare
Sumber @YouTube

Diare bukan saja berdampak pada diri kita sendiri yang terkontaminasi penyakit diare ini tetapi juga terhadap keluarga kita tercinta, maka dari itu selain mengetahui penyebab dari terjadinnya Penyakit Diare ini anda juga perlu tau mengenai pencegahan dari penyakit diare ini, seperti langkah-langkah berikut ini.

  1. Mencuci tangan sebelum makan
  2. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang di ragukan ke seterilitasnya
  3. Memisahkan makanan mentah dan juga matang
  4. Gunakan bahan-bahan yang fresh atau segar jika ingin membuat makanan sendiri
  5. Simpan makanan pada suhu yang dingin contoh di dalam kulkas.

Namun jika anggota keluarga anda sudah lebih dulu terkontaminasi Penyakit Diare sebelum anda mengetahui cara pencagahan dari penyakit diare ini cobalah ambil langkah-langkah berikut untuk menghindari penularan terhadap anggota keluarga lainnya.

  • Jaga dan perhatikan kebersihan lingkungan terutama toilet, jka perlu di tambahkan sinfektan setiap pembuangan air besar
  • Tetap berada di rumah setidaknya 48 jam atau 2 hari setelah terkontaminasi penyakit diare ini
  • Mencuci tangan setelah menggunakan toilet baik sebelum makan ataupun sesudah makan
  • Jika tinggal 1 rumah yang terkontaminasi penyakit Diare ini, jangan gunakan alat makan yang sudah di di gunakan oleh si penderita diare.

Itulah sedikit informasi mengenai penyebab dari penyakit diare, semoga dapat bermanfaat dan juga menanggulangi/menurunkan angka kematian balita, anak-anak ataupun orang dewasa akibat penyakit diare ini, terimakasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.